ŘęVθ˩ŧŦ



file serverFile Server merupakan sebuah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang menjadi dasar utama dalam menyediakan akses untuk berbagi disk, seperti berbagi file (musik, video, dokumen, database,dll). Dengan adanya File Server, maka seluruh client di jaringan bisa memanfaatkan data – data yang ada File Server untuk digunakan.
Di Windows 2003 terdapat fitur server yaitu file server. File Server ini sama fungsinya seperti sharing folder pada umumnya. Seperti berbagi data file musik, video, dokumen dll. Di

clip_image002
Pada keadaan awal, klik tombol start lalu klik Manage Your Server.
clip_image004
Maka jendela manage your server akan keluar. Klik Add or remove role.
clip_image006
Maka masukkan CD Installasi Windows 2003 terlebih dahulu sebelum melanjut. Klik Next.
clip_image008
Maka settingan LAN anda akan dideteksi.
clip_image010
Klik pada File Server. Kemudian klik Next.
clip_image012
Jika anda ingin menggunakan kuota penggunaan harddisk cheklist Set up default disk quotas dan atur batas penggunaan harddisk. Jika tidak ingin, biarkan saja. Klik Next.
clip_image014
Pilih saja No. Agar performa server tidak terganggu akibat indexing service yang terus menerus menindex isi dari harddisk. Indexing ini berguna ketika ingin mencari file dalam storage file server. Jadi file dapat dicari dengan cepat. Kemudian klik Next.
clip_image016
Maka akan ada tampilan rincian item yang akan diinstall. Klik Next untuk memulai.
clip_image018
Selanjutnya maka akan muncul jendela baru. Disini kita akan menentukan letak folder atau partisi yang akan digunakan sebagai tempat file server.
clip_image020
Pada folder path tentukan lokasi yang akan disharing menggunakan file server.
clip_image022
Selanjutnya isikan nama share dari folder tersebut di Share name dan isikan deskripnya di Description. Untuk mengkakses folder tersebut maka terdapat alamatnya di bagian share path. Simpan dan gunakan alamat tersebut sebagai alamat akses folder yang akan disharing. Klik Next jika sudah.
clip_image024
Pilih hak permisi bagi orang yang mengakses folder tersebut. Sebaiknya pilih saja All users have read-only access. Kemudian klik Next.
clip_image026
Maka sharing telah selesai dilakukan. Klik close.
clip_image028
Dan anda sudah selesai membuat komputer server anda menjadi File Server.

Categories:

Leave a Reply